Saturday, December 29, 2007

KONFERENSI ANTARUNIVERSITI SE BORNEO-KALIMANTAN KE-4

Salam sejahtera,

Terlebih dahulu saya bagi pihak sekretariat mengucapkan jutaan terima kasihatas dukungan yang telah diberikan kepada konferensi kami pada tahun-tahun lepas dengan jayanya. Sehubungan dengan itu pihak Institut Pengajian Asia Timur (IPAT) dan Fakulti Sains Sosial (FSS), Universiti Malaysia Sarawak (UNIMAS), FakultasIlmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Tanjungpura (UNTAN), Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Lambung Mangkurat (UNLAM) dan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Mulawarman (UNMUL) telah berhasrat akan mengadakan Konferensi Antaruniversiti Se Borneo KalimantanKe 4 dengan bertemakan Transformasi Sosial Masyarakat Pedesaan dan Pesisir Borneo-Kalimantan: Isu-isunya. Konferensi ke 4 ini akan diadakan pada 24-25 Jun, 2008 di Samarinda, Kalimantan Timur.

Berikut adalah isu khusus yang berkaitan: Menciptakan kembali (reinventing) governance pedesaan. Isu pendidikan di pedesaan/pesisiran-perspektif sejarah atau/dan kontemporari. Depopulasi pedesaan/pesisiran (rural depopulation). Sumber Ekonomi perikanan dan kelautan. Pariwisataan/pelancongan desa/pesisir Perkebunan skala besar. Migrasi desa-kota/desa-desa; Transmigrasi; Lintas perbatasan di Borneo-Kalimantan. Geografi pedesaan/pesisiran. Sejarah Evolusi Kebijakan/Dasar (policy) Pembangunan Desa/ Pesisir di negara masing-masing Perancanaan pedesaan (rural planning). Transformasi politik; Demokrasi; Masyarakat sivil; Autonomi. Gender; Keluarga; stratifikasi sosial. Dampak Ekonomi Global ke atas pedesaan. Pembangunan Ekonomi/dan Perdagangan di pedesaan Kemiskinan; Golongan Terpinggir. Etnografi Suku-bangsa di pedesaan Borneo-Kalimantan; Hubungan etnik. Agama dan Sistem Kepercayaan; Hubungan antaragama. Isu-isu Lingkungan/Persekitaran (Environment) pedesaan/pesisiran. Komunikasi Desa/pesisir (Rural Comunication). Kemajuan Ilmu Pengetahuan (science) dan Teknologi perikanan dan kelautan di Borneo-Kalimantan. Flora dan Fauna di Borneo-Kalimantantan. Jasa Kedokteran dan kesehatan Desa (Rural Medical and Health Services)/Perkhidmatan Perubatan dan Kesihatan Luar Bandar.

Abstrak dan Makalah. Abstrak dalam dwibahasa yang tidak melebihi 250 perkataan harus sampai di Sekretariat, Konferensi Antaruniversiti Se Borneo-Kalimantan sebelum 24 Mac2008. Makalah hendaklah sampai di Sekretariat dalam bentuk hardcopy dan softcopypada 20 Mei 2008.

Dengan ini, sekretariat konferensi berbesar hati mengundang saudara/riuntuk menyertai konfernesi ke 4 ini. Untuk maklumat lanjut disertakanbrosur konferensi atau saudara/ri juga boleh juga melayari laman web kami http://www.ieas.unimas.my/.

Sekian dan sampai bertemu di Samarinda
Sekretariat Konferensi, Awg Mashabi Awg Mohamad, Norhayati Binti Ahmad
Program Nusantara, Institut Pengajian Asia Timur, Universiti Malaysia Sarawak

No comments: